Akuntan si Dokter Ekonomi

"Itulah yang menyebabkan akuntansi menjadi begitu populer di belakangan tahun ini. Akuntansi mewabah di seluruh dunia sebagai si dokter ekonomi."I Wayan Bayu Diatmika


Om Swastyastu

Semoga pikiran yang Baik datang dari segala Penjuru,


Akuntansi merupakan suatu perpaduan ilmu ekonomi dan matematika, dimana akuntansi sendiri umumnya diketahui sebagai ilmu yang dapat menghasilkan laporan keuangan suatu usaha. Laporan Keuangan sangatlah penting keberadaanya di masyarakat karena Laporan Keuangan itu sendiri dapat digunakan dalam analisis ekonomo, khususnya dalam menentukan keputusan investasi dan kredit bagi pihak-pihak yang berkepentingan terhadapnya. Namun dalam perkembanganya, akuntansi sudah berkembang begitu pesat menjadi suatu sentra ilmu yang sangat vital dalam ekonomi suatu negara. Akuntansi dapat memberikan analisa dalam memperbaiki kinerja ekonomi, baik itu kinerja ekonomi bagi suatu perusahaan, suatu usaha baik kecil maupun besar, bagi negara, bahkan bagi perekonomian pribadi (perorangan). Ekonomi merupakan suatu ilmu yang mempelajari bagaimana suatu individu atau lebih luas lagi suatu perusahaan, usaha, negara, dalam memenuhi kebutuhannya. Analisa yang baik pada sektor ekonomi suatu usaha, negara dan diri pribadi, dapat memberikan kemakmuran. Jadi di sinilah peran penting akuntansi, akuntansi dapat memberikan analisa penting sehingga perekonomian yang baik akan dapat diwujudkan. Bayangkan jika anda bisa menguasai akuntansi, anda akan dapat mengatur perekonomian anda (keuangan anda pribadi), bekerja untuk mengatur perekonomian suatu perusahaan atau usaha, bahkan dapat mengatur perekonomian suatu negara. Itulah yang menyebabkan akuntansi menjadi begitu populer di belakangan tahun ini. Akuntansi mewabah di seluruh dunia sebagai si dokter ekonomi. 


Neraca Saldo, salah satu bentu analisa Akuntansi. Sumber : http://www.anneahira.com/images/dasar-dasar-akuntansi.jpg
Kemajuan teknologi informasi mendukung kebutuhan besar bagi profesional akuntansi. Dunia sekarang sudah menjadi begitu sempit. Anda yang berada di Indonesia bisa memiliki saham sebuah perusahaan di Amerika. Anda duduk di rumah bisa menggerakan naik turunnnya harga saham, harga valuta asing. Hanya membutuhkan koneksi internet, makan anda akan dapat menjelajahi seluruh dunia, itulah mengapa saya sebut sekarang dunia menjadi begitu sempit. Hal ini membuat usaha-usaha yang cerdik menjadi berkembang begitu pesat. Usaha mereka tidak hanya berkembang di negaranya saja. Mereka melakukan ekspansi besar-besaran, bahkan hingga mencapai seluruh pelosok dunia. Mereka memasarkan produk mereka lewat internet, mereka memiliki banyak sekali pelanggan di setiap negara. Kemajuan ini tentu saja akan membutuhkan suatu manajemen yang baik pada sektor ekonomi salam usaha. Inilah kesempatan anda untuk mengisi posisi-posisi tersebut sebagai seorang profesional akuntan. Tenaga anda akan sangat dibutuhkan dalam memberikan analisa sehingga usaha-usaha tersebut menjadi lebih mudah untuk dijalankan.

The Big Four - Empat Kantor Akuntan Publik Terbesar di Dunia
Akuntansi sekarang telah berkembang tidak hanya untuk menganalisa sektor perekonomian saja. Munculnya bidang akuntansi  yakni Akuntansi Keprilakuan, menjadi titik penggabungan ilmu akuntansi dan sosiologi. Akuntansi ternyata tidak hanya dapat memprediksi serta menganalisa ekonomi saja, ia mampu memberikan analisa prilaku orang-orang yang dipengaruhi oleh ekonomi tersebut. Di sebuah perusahaaan misalnya, Akuntansi dapat memberikan analisa pengendalian keuangan yang baik dengan menambahkan analisa pada keprilakuan orang-orang yang ada di perusahaan tersebut. Jika akuntansi bisa digunakan dengan tepat, akuntansi akan dapat digunakan untuk memakmurkan ekonomi serta mampu memberikan kebahagiaan pada orang-orang. 


Akuntansi tampaknya juga memberikan dampak negatif. Akuntansi bisa digunakan untuk melakukan kejahatan. Banyak sekali kasus-kasus kejahatan orang-orang kerah putih dengan memanfaatkan akuntansi. Sedikit bumbu pada pengaturan akuntansi bisa membunuh suatu negara begitu saja. Inilah dampak apabila akuntansi digunakan dengan tidak benar. Namun tentu saja semua hal membawa berkah bro :D . Munculnya banyak kejahatan di bidang akuntansi tampaknya memberikan suatu kesempatan kerja baru bagi kita dengan munculnya Akuntansi Forensik dan Auditor. Dua pekerjaan tersebut ditujukan untuk memberikan keamanan serta kepercayaan masyarakat pada bidang ilmu akuntansi tersebut. Lagi-lagi, kesempatan bagi anda untuk menjamah dan mencoba bidang-bidang tersebut sebagai mata pencaharian anda.





Dengan banyaknya peluang kerja di bidang akuntansi, minat masyarakat untuk belajar sehingga dapat menekuni akuntansi sebagai bidang keahliannya menjadi begitu besar. Banyak sekali muncul instansi-instansi pendidikan yang memberikan kesempatan studi bagi masyarakat di bidang akuntansi. Jika anda berminat, silahkan mencoba untuk menjajal studi di bidang akuntansi. Jika anda bingung dimana, tenang saja, di Indonesia, ada begitu banyak instansi pendidikan yang menyediakan studi akuntansi. Sebut saja universitas-universitas yang menjadi penyedia akuntansi terbaik seperti Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN), Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Brawijaya (UB), Universitas Airlangga (UNAIR), dan masih banyak sekali universitas serta instansi-instansi pendidikan akuntansi lainnya, baik itu di D3 ataupun S1.


Jadi tunggu apalagi, cobalah karir anda di dunia akuntansi. Jadilah si Dokter Ekonomi.



Semoga Sukses

Salam Hangat 



Penulis 



0 comments :

Post a Comment

 

PENULIS DALAM KATA


"Saya Orang yang Hebat dengan Mimpi yang Hebat karena Tuhan yang Hebat melahirkan saya untuk mengubah Dunia ini menjadi lebih Hebat"

I Wayan Bayu Diatmika dalam Dream Clothing Company, 2011

Temukan saya di Instagram

Jepret-Jepret Lensa Nakal

Bangga Menjadi Bagian Indonesia

Bangga Menjadi Bagian Indonesia
Indonesia merupakan sebuah negara yang sangat kaya. Alam yang Indah dengan Hasil Alam yang mellimpah. Iklim yang sangat baik untuk hidup. Manusia yang berlimpah dengan bakat dan kemampuan yang luar biasa. Budaya yang sangat maju, dan jauh lebih maju dibandingkan dengan negara yang mengaku sebagai negara yang maju dan adi daya saat ini. Kemampuan Spiritual di Indonesia juga sangat tinggi. Tuhan benar-benar dipahami dan diketahui oleh Leluhur Indonesia. Itulah Manusia, Alam, Budaya dan Tuhan yang selalu membuat kebanggan menjadi bagian dari Indonesia.

Tuhan, Manusia, Alam

Tiga hal yang harus diseimbangkan dalam mencapai kebahagiaan ialah Tuhan, Manusia dan Alam. Konsepsi Tertingginya ialah berbakti kepada Tuhan. Bakti tersebut turun ke dalam dua konsep berikutnya ialah menjaga hubungan baik dengan Manusia dan Alam. Muara dari pemahaman ini ialah tentang seberapa baik manusia memahami dirinya sendiri.

Kebenaran?

Kebenaran adalah Kepedulian. Saat engkau berbuat sesuatu kepada orang lain dengan berlandaskan pada Kepedulian maka di sana terdapat Kebenaran. Saat engkau berbuat Baik sekalipun kepada orang lain namun dengan berlandaskan menginginkan suatu balasan pahala dari Tuhan maka perbuatan tersebut telah menjauhi substansi kebenaran. Dimana kepedulian ditegakkan menjadi landasan perbuatan maka di sana kebenaran telah tumbuh sebagai Pohonnya. OM, Santi

TWEET @IWAYANBAYU

YUK KUNJUNGI ASESORISMU DI SINI

 Luh Pernak-Pernik
Salah satu brand lokal yang mencoba untuk memberikan jiwa indie dalam produknya, Luh Pernak-pernik hadir untuk memberikan anda aksesoris untuk mempercantik penampilan harian anda. Luh PernakPernik menawarkan produ-produk ekonomi berupa kalung dan perhiasan yang mampu meningkatkan kepercayaan diri anda. Luh PernakPernik fokus memberikan produk yang memuaskan sehingga dalam setiap produknya, Luh PernakPernik selalu mengemas produk dalam bentuk box perhiasan eksklusif yang mampu membuat anda semakin menyayangi perhiasan anda. Saat ini, Luh PernakPernik telah mengembangkan usahanya dengan bekerja sama dengan beberapa pengerajin perhiasan khas bali sehingga produk yang ditawarkan oleh Luh PernakPernik juga menyediakan produk-produk yang bernuansa adat bali dan nusantara indonesia.  

SVAHARYA si Karya Anak Bangsa

SVAHARYA si Karya Anak Bangsa
Kekuatan Seni dan Produk Seni Indonesia sangat kuat, pantas untuk disandingkan dengan produk mancanegara. Keinginan Anak Bangsa yang satu ini sangat kuat untuk mengangkat kain batik, endek, dan kerajinan kain asli Indonesia lainnya untuk menjadi produk-produk yang berkualitas dan menjual. Dengan konsep produksi yakni satu produk hanya dimiliki oleh satu orang saja, pembeli mana yang tidak ingin memiliki produk yang eksklusif, berkualitas, dan hanya ada satu di dunia. Mari temukan produk tersebut di sini, di Svaharya, www.svaharya.com